Editors Picks

Saturday, December 29, 2018

Software, Bagian 1

Software adalah nama lain dari program. Program adalah instruksi yang memberitahu komputer bagaimana memperoses data menjadi informasi yang kita inginkan. Kata software dan program sering kali digunakan secara bergantian.

Ada dua jenis software: system software dan application software. Kita sudah membahas system software, karena itu kita akan membahas application software.

Application Software/Program Aplikasi
Ada tiga jenis program aplikasi:
  1. General-purpose applications adalah program aplikasi yang dipakai secara umum. Program aplikasi yang paling sering digunakan adalah:
    • Word processors, untuk membuat dokumen tertulis.
    • Spreadsheets, untuk menganalisa dan meringkas data angka.
    • Database management systems, untuk mengorganisasi dan mengatur data dan informasi.
    • Presentation software, untuk mengkomunikasikan pesan kepada pendengar.
  2. Specialized application adalah program aplikasi yang khusus digunakan untuk tugas atau pekerjaaan tertentu. Dua program yang sering digunakan adalah program pengolah grafik dan membuat website.
  3. Mobile apps adalah program kecil yang didesain secara khusus untuk perangkat mobile, smartphone, dan komputer tablet. Program mobile apps yang paling populer adalah program social networking (facebook, instagram, dll.), program games, dan program untuk men-download musik dan video.

Word Processors
Masih ingat bagaimana dahulu, sebelum ada komputer, membuat laporan dengan mesin ketik. Betapa repotnya kita ketika salah ketik atau ingin menambahkan paragraf ke dalam laporan yang sudah diketik. Terkadang kita harus mengetik ulang satu halaman atau satu bab karena ingin menambahkan beberapa paragraf. Dengan menggunakan word procesors semua hal itu bisa dihilangkan. Kita dapat menambahkan paragraf di mana saja, tanpa harus mengetik ulang. Bukan hanya itu saja kelebihan dari program ini, kita bisa memilih font yang digunakan, mencetak miring, memberi warna, menambahkan grafik atau foto, membuat kolom, menggunakan fasilitas mail merge untuk membuat surat yang ditujukan kepada banyak orang, dsb. Berbagai macam orang dan organisasi menggunakan program ini untuk membuat memo, surat, laporan, newsletters, manual, brosur, selebaran, dll. Sebagai seorang pastor, kita dapat membuat naskah khotbah maupun laporan aktivitas gereja dengan menggunakan word processors.

Program Microsoft Word adalah program word processors yang paling sering digunakan.
Microsoft Word
Untuk dapat menggunakan program Microsoft Word Anda harus membeli program tersebut. Program Microsoft Word dijual satu paket dengan program Microsoft Office lainnya.
Microsoft Office Home & Student
Biaya minimal yang Anda harus keluarkan untuk mendapatkan 3 program Microsoft Office, yaitu Word, Excel, dan PowerPoint adalah $150 dan program ini hanya boleh di-install ke satu komputer. Jadi jika Anda memiliki satu komputer desktop dan satu notebook, maka Anda harus membeli dua buah lisensi dengan total harga $300.
Harga Microsoft Office Home & Student 2019

Selain Microsoft Word, program word processors lain yang sering digunakan adalah Apple Pages, Google Docs, OpenOffice Writer dan yang terbaru adalah LibreOffice Writer. Semua program ini gratis dan kemampuannya tidak kalah dengan Microsoft Word.
Apple Pages
Bagi Anda pengguna komputer keluaran Apple, Anda memiliki program word processors gratis yaitu Pages. Menurut saya pribadi, program Pages jauh lebih baik dalam membuat tampilan laporan dibandingkan Microsoft Word.
Flyer dan Poster dengan menggunakan Pages
Anda diberikan template untuk membuat flyer, poster, newsletter, report yang sangat menarik. Sebelum Microsoft memberikan fasilitas auto flow text di dalam program Microsoft Word, Pages sudah memiliki fasilitas ini.
Auto Flow Text di Pages
Google juga mengeluarkan program word processors yaitu Google Docs. Kelebihan dari word processors ini adalah siapa saja yang diberikan akses ke dokumen dapat mengedit. Jadi kelebihannya adalah kolaborasi. Misalnya seseorang diminta membuat laporan, maka ketua dapat mengubah laporan tersebut secara langsung, tanpa perlu mencopy dokumen lalu mengubah, menyimpan, dan mengirim lagi kepada sekretaris. Mengedit artikel untuk majalah secara bersama-sama sangatlah mudah karena semua yang membaca dan menemukan kesalahan ejaan, pengetikan, dsb. dapat langsung memperbaikinya.
Google Docs
Program word processors lain yang terkenal adalah OpenOffice Writer. Program ini dikembangkan untuk sistem operasi Linux, macOS, dan Windows. Program ini gratis, silahkan mencoba.
OpenOffice Writer
Program word processor lain yang juga gratis adalah LibreOffice Writer. Program ini mirip dengan OpenOffice Writer.
LibreOffice Writer
Jika Anda perhatikan semua program di atas, Anda akan menemukan banyak kemiripan, jadi sebenarnya mudah berpindah dari satu program aplikasi ke program aplikasi lain. Kenapa kita tidak membiasakan menggunakan program aplikasi gratis?

No comments:

Post a Comment