Editors Picks

Monday, December 17, 2018

Memilih Konfigurasi Komputer, Bagian 1

Langkah terakhir memilih sebuah komputer adalah memilih konfigurasi layar, memori, media penyimpanan, dan kecepatan prosessor.

Memilih Ukuran Layar
Memilih ukuran layar sebuah desktop komputer, notebook/laptop, atau tablet berbeda. Layar notebook/laptop berkisar 10 sampai 17 inch. Jika Anda lebih mementingkan mobilitas maka jangan memilih ukuran 17 inch karena biasanya lebih berat dan membutuhkan tas laptop yang lebih besar. Ukuran layar 10 inch mungkin akan terlalu kecil untuk dibaca tetapi lebih portable (lebih mudah dibawa ke mana-mana).
Ukuran Notebook/Laptop

Layar tablet berkisar 7 sampai 12 inch. Makin kecil layar tablet biasanya lebih ringan dan lebih portable. Membawa tablet 12 inch sama mobilitasnya dengan membawa sebuah notebook berukuran sama. Biasanya tablet digunakan untuk membaca atau browsing, jadi ukuran yang terlalu besar akan membuat tangan kita lebih cepat lelah memegang tablet. Cobalah ke gerai komputer untuk memegang sebuah tablet yang berukuran besar dengan satu tangan, apakah Anda merasa berat, jika ya, berarti tablet tersebut tidak ideal untuk Anda.
Ukuran Layar Tablet

Ukuran layar komputer desktop berkisar 13 sampai lebih dari 30 inchi. Jika notebook dan tablet disarankan untuk memilih layar yang besar maka di sini terbalik. Jangan memilih layar 13 inchi untuk sebuah desktop kecuali ruangan yang Anda gunakan sangat kecil. Ukuran 15 atau 17 inchi adalah ukuran minimal yang saya sarankan bagi pengguna desktop. Makin besar ukuran desktop maka makin banyak jendela yang bisa Anda gunakan sehingga memudahkan Anda untuk mengerjakan tugas dengan lebih baik. Ukuran 15 sampai 17 inchi cocok jika Anda hanya menggunakan satu jendela atau satu jenis program. Namun jika Anda mau membuka bible software dan kemudian membaca artikel yang ada di bible software tersebut dan mengetik di Microsoft Word maka berarti Anda akan menggunakan 2 buah jendela. Anda bisa menggunakan dua buah layar atau menggunakan satu layar yang berukuran 24 inchi. Membeli 2 buah layar monitor akan lebih mahal harganya daripada membeli layar monitor berukuran besar. Namun bukan berarti layar makin besar makin baik, Anda juga harus mempertimbangkan jarak mata dengan layar monitor. Makin besar layar maka jarak antara mata dengan layar monitor harus makin jauh. Jika Anda membeli monitor 30 inchi atau lebih besar, maka Anda harus menaruhnya di meja yang lebih besar supaya jarak mata dengan monitor proposional, jika tidak maka Anda akan mengalami masalah dengan penglihatan Anda.
Jarak Mata Dengan Layar


No comments:

Post a Comment