Editors Picks

Saturday, December 1, 2018

Memilih Komputer, Bagian 1

Perkembangan teknologi saat ini membuat para Hamba Tuhan memiliki banyak pilihan dalam memilih komputer personal. Di pasaran komputer personal dikenal dengan nama laptop atau notebook. Apa bedanya? Dahulu pada saat dikeluarkan memang ada perbedaan antara laptop dan notebook. Komputer personal (personal computer, PC) yang ada saat itu berada di atas meja dan disebut sebagai desktop karena berada di atas meja (desk = meja, top = di atas). Kemudian orang berusaha membuat komputer personal yang lebih kecil yang dapat dibawa-bawa dan diletakkan di atas pangkuan manusia sehingga disebut laptop (lap= paha/pangkuan, top = di atas). Tidak puas hanya itu maka dibuat lagi komputer yang lebih kecil daripada laptop dan dinamakan notebook. Namun kedua kriteria ini (laptop dan notebook) sudah membaur. Saat ini bahkan laptop/notebook dibagi berdasarkan tebalnya yaitu laptop tradisional dan ultrathin laptop. Makin tipis sebuah laptop/notebook maka biasanya harganya makin mahal.
Gambar 1: Traditional Laptop vs Ultrathin Laptop
Sumber: trickideas.com
 Apa kelebihan daripada laptop/netbook?
  • Portable, lebih mudah dibawa ke mana saja. Namun hal ini saat ini sudah beredar komputer yang lebih kecil lagi daripada laptop/notebook yang disebut sebagai mini PC. Silahkan melihat tautan link ini untuk melihat jenis-jenis mini PC tahun 2018 yang harganya sampai $200. Klik di sini.
  • Pada umumnya menggunakan daya listrik yang lebih kecil dibandingkan desktop.
  • Lebih powerful dibanding sebuah tablet komputer.
  • Memiliki berbagai macam port, seperti port USB A, C, VGA, HDMI, DVI, Mini Display Port, Audio port, dll. (Port adalah colokan untuk memasang komponen eksternal komputer ke CPU, misalnya port USB A atau B biasanya digunakan untuk memasang scanner atau printer, harddisk eksternal, dan flash drive. Port HDMI biasanya digunakan untuk menghubungkan CPU dengan Televisi atau monitor tambahan. Port audio untuk menghubungkan dengan speaker, dll). Untuk mengenal lebih jauh tentang port silahkan klik tautan ini.
  • Dapat dihubungkan dengan monitor yang lebih besar, Projektor, atau Televisi.
Lalu apa kekurangannya dibandingkan dengan desktop?
  • Harganya laptop/notebook biasanya lebih mahal dibanding desktop.
  • Port yang dimiliki biasanya lebih sedikit dibanding desktop.
  • Tidak lebih mudah untuk di-upgrade dibanding desktop.
  • Tidak lebih portable dibanding tablet.

No comments:

Post a Comment