Editors Picks

Wednesday, December 5, 2018

Memilih Sistem Operasi, Bagian 2

Sistem operasi yang juga sama baiknya dengan Mac OS adalah Linux. Hampir semua web server menggunakan sistem operasi Linux karena stabil dan tidak sering hang. Ada dua sistem operasi Linux yang sering digunakan. Yang pertama adalah Linux Mint.
Sistem Operasi Linux Mint
Sistem operasi Linux ini adalah yang paling mudah digunakan karena sangat mirip dengan Windows. Sistem operasi ini juga lengkap dengan Office Suites-nya.

Sistem operasi Linux yang lain, yang juga sering digunakan adalah Linux Ubuntu.
Sistem Operasi Linux Ubuntu
Sama seperti Linux Mint, Ubuntu juga dilengkapi dengan Office Suites.

Kelebihan sistem operasi Linux:

  • Stabil, jarang hang.
  • Gratis.
  • Lebih sedikit virusnya.
  • Lebih ringan kebutuhan hardware-nya.

Kelemahan sistem operasi Linux:

  • Pada waktu instalasi driver komponen komputer kadang lebih sulit karena harus di-compile sendiri. Hal ini menyebabkan Anda butuh pengetahuan komputer yang lebih dibanding pengguna Windows.
Untuk mengatasi masalah driver yang tidak kompatibel maka Anda disarankan untuk membeli komputer yang sudah terinstall Linux, dengan begitu maka Anda tidak perlu menginstall driver untuk suara, jaringan wifi, kartu grafis, dll. 

Jika Anda tertarik untuk mencoba menginstall Linux Mint, cobalah cari di www.youtube.com dengan kata kunci Linux Mint 19 For Windows Users yang videonya dibuat oleh ExplainingComputers. Video tutorial ini cukup komprehensif dan langkah-langkahnya mudah diikuti. Namun saran saya adalah backup data Anda terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi.

Sistem Operasi yang lain, yang merupakan induk dari Linux adalah Unix. Sistem operasi ini biasanya digunakan untuk perusahaan/enterprise. Sistem operasi ini sangat stabil namun biasanya hanya dikuasai oleh orang IT.

No comments:

Post a Comment