Editors Picks

Sunday, December 9, 2018

Memilih Sistem Operasi, Bagian 4

Saya sudah membahas sebanyak 3 bagian untuk sistem operasi Desktop dan Notebook/laptop. Sekarang saya akan membahas sistem operasi untuk mobile. Seperti yang kita ketahui saat ini di pasar mobile computing yaitu tablet dan smart phone dikuasai oleh dua sistem operasi besar yaitu Android dan iOS.
Sistem operasi Android dikembangkan oleh Google dan banyak sekali di-install di berbagai tablet dan smart phone keluaran Samsung, Huawei, Xiao Mi, dsb. Sistem operasi ini memiliki logo sebuah robot berwarna hijau.
Sistem Operasi Android

Sebaliknya sistem operasi iOS hanya digunakan pada smart phone dan tablet keluaran Apple. 
Sistem Operasi iOS

Kedua sistem operasi ini gratis dan memiliki web store masing-masing untuk membeli program-program aplikasi yang dibutuhkan. 

Sistem operasi juga ada di berbagai media elektronik lain. Contohnya Apple Watch mengeluarkan sistem operasi watchOS. Sistem operasi ini digunakan untuk jam tangan. Sistem operasinya khusus karena layar berukuran sangat kecil dibandingkan smart phone
Sistem Operasi watchOS untuk Jam Tangan
Untuk perangkat TV dibutuhkan sistem operasi tersendiri. Ada yang menggunakan sistem operasi Android.
Sistem Operasi Android TV
Perangkat Apple TV menggunakan sistem operasi tvOS.
Sistem Operasi tvOS

Roku menggeluarkan sistem operasi Roku.
Sistem Operasi Roku TV


Masih ada banyak sistem operasi yang tidak dibahas karena ada banyak sekali sistem operasi yang beredar. Contohnya adalah Haiku. Sistem operasi ini gratis dan ditujukan untuk komputer personal. Sistem operasi ini cepat, efisien, mudah digunakan dan dipelajari. Anda dapat mengunjungi situs www.haiku-os.org untuk mengetahui lebih lanjut tentang sistem operasi ini.


No comments:

Post a Comment