Editors Picks

Sunday, December 2, 2018

Memilih Sistem Operasi, Bagian 1

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam memilih sebuah komputer adalah memilih sistem operasi yang akan digunakan. Sistem operasi (Operating System) adalah sebuah program yang mengatur jalannya seluruh komponen komputer. OS-lah yang mengatur agar apa yang Anda ketik dapat ditampilkan ke layar komputer, disimpan di media penyimpanan, dicetak ke printer, dsb. Memilih OS sama pentingnya dengan memilih komputer itu sendiri karena beda OS maka program aplikasi yang digunakan dapat berbeda pula. Biasanya program aplikasi dibuat berdasarkan OS, misalnya Microsoft Office 2019 untuk windows ditujukan untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Anda tidak dapat menjalankan Microsofot Office 2019 for Mac di komputer yang menjalankan sistem operasi Windows.
Sistem operasi dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu sistem operasi untuk desktop dan mobile. Sistem operasi untuk desktop dapat digunakan untuk komputer desktop dan laptop/notebook. Salah satu sistem operasi yang sangat populer adalah Windows.
Sistem Operasi Windows Terbaru
Kelebihan sistem operasi Windows:

  • Paling banyak digunakan di seluruh dunia.
  • Berbasis grafik atau biasanya disebut Graphical User Interface.
  • Memiliki beberapa varian sesuai kebutuhan pengguna misalnya Windows 10 Pro untuk pengguna profesional dan Windows 10 Home untuk pengguna biasa. Informasi lebih lengkap tentang perbedaan kedua sistem operasi ini dapat dilihat pada tautan link ini.
Kekurangannya:
  • Karena paling banyak digunakan maka paling banyak virusnya. Pertukaran data dengan menggunakan flash drive sering mengakibatkan terjadinya penularan virus ke komputer berbasis Windows yang lain. Hal ini dapat dicegah dengan menggunakan program antivirus, mengaktifkan firewall, dan mematikan fasilitas auto run flash drive.
  • Tidak gratis.
  • Upgrade ke versi lebih tinggi biasanya harus bayar lagi.
  • Mengumpulkan data-data pribadi kita. Link ini menjelaskan bahwa Microsoft mengumpulkan data detail kartu kredit dan password pada waktu menginstall Windows 10. Link ini mengatakan bahwa menyetop pengumpulan data pribadi adalah proses yang sulit. Link ini akan membantu Anda untuk menyetop Microsoft mengumpulkan data pribadi pada saat menginstall Windows.
  • Pengunaan dalam jangka panjang biasanya kecepatan komputer akan melambat. Hal ini dapat diatasi dengan menginstall ulang Windows setelah Anda mem-backup data.
Sistem Operasi berikutnya yang juga populer adalah MacOS. Sistem Operasi ini digunakan pada komputer Apple. 
Mac OS Mojave, 2018
Kelebihan sistem operasi Mac OS:
  • Lebih sedikit virusnya. Virus Windows tidak akan jalan di komputer yang menggunakan Mac OS.
  • Lebih stabil dibanding Windows dan jarang crash.
  • Gratis dan upgrade ke versi lebih tinggi juga gratis. Hampir tiap tahun upgrade.
  • Lebih mudah digunakan daripada Windows. Mungkin pengguna Windows akan komplain karena harus membiasakan diri untuk pindah ke Mac OS, namun hal ini karena mereka sudah terbiasa menggunakan Windows. Kalau benar-benar baru belajar komputer, maka Mac OS jauh lebih mudah dipelajari. Untuk menginstall driver printer maka Anda hanya perlu mencolok kabel data printer ke komputer Apple, nanti Mac OS yang akan mencarikan program driver untuk printer Anda (dengan catatan terkoneksi ke internet).
  • Dapat dual boot dengan Windows, artinya pengguna Mac OS juga dapat menginstall Windows dengan menggunakan program bootcamp. Windows dapat berjalan secara native dan bukan menggunakan emulator.
  • Semua program umum yang digunakan tersedia dengan gratis. Program Office Suites seperti word processing, spreadsheet, dan presentation tersedia dengan gratis. Program untuk video editing juga tersedia dengan gratis. Bukan hanya gratis tetapi lebih baik daripada produk keluaran Microsoft. iMovie lebih baik daripada Windows Movie Maker, Keynote lebih baik daripada Microsoft PowerPoint, Pages lebih baik daripada Microsoft Word.

Kekurangan:
  • Pengguna harus membeli komputer kelas premium untuk menjalankan sistem operasi ini. Harga komputer Apple termurah adalah Macbook Air senilai $ 999 atau Mac Mini senilai $ 799 (belum termasuk monitor, keyboard, dan mouse). Namun untuk membandingkan apple to apple maka kita perlu juga memasukkan nilai OS Windows, Microsoft Office, dan Antivirus yang harus dibeli jika menggunakan sistem operasi Windows. Harga Windows 10 Home edition $ 119, Microsoft Office $ 150, Antivirus sekitar $ 25 per tahun, jika komputer akan digunakan selama 4 tahun maka totalnya $ 100. Jadi total biaya yang bisa dihemat pengguna Mac OS adalah $ 369. Harga Macbook Air $ 999 - $ 369 menjadi $ 630, setara dengan komputer Windows premium lainnya. Ini dengan catatan bahwa Anda tidak mengganti sistem operasi Windows baru dan menggunakan program Microsoft Office baru, atau menggunakan software bajakan. Kesimpulannya bahwa komputer Apple tidak lebih mahal dibanding komputer berbasis Windows premium seperti Dell, HP, dan Asus.

No comments:

Post a Comment