Editors Picks

Tuesday, December 18, 2018

Memilih Konfigurasi Komputer, Bagian 2

Memilih RAM
Salah satu hal yang vital di dalam memilih konfigurasi komputer adalah memilih Random Access Memory (RAM) yang akan diinstall ke dalam komputer. Jumlah RAM akan mempengaruhi kecepatan komputer dan jumlah program aplikasi yang dapat dibuka secara simultan.
Random Access Memory
Bagaimana menghitung jumlah RAM yang Anda butuhkan? Sebagai contoh Anda akan menggunakan sistem operasi Windows 10 Home 64 bit, Microsoft Office 2019, dan Adobe Creative Suite 6. Carilah di google jumlah RAM yang dibutuhkan dengan cara mengetik "Windows 10 Home 64 bit system requirement" lalu catat jumlah RAM yang dibutuhkan. Dari data di google ditemukan bahwa Anda butuh RAM 2 GB. Langkah selanjutnya adalah mencari tahu jumlah RAM untuk Microsoft Office 2019 dengan cara yang sama. Keywordnya adalah "Nama Program + system requirement". Microsoft Office 2019 membutuhkan 4 GB. Adobe Creative Suite 6 membutuhkan RAM minimal 2 GB tetapi direkomendasikan 8 GB. 

Total kebutuhan RAM jika Anda menggunakan 3 program ini secara bersama-sama:
  • 2 GB untuk Windows 10 Home 64 bit
  • 4 GB untuk Microsoft Office 2019 64 bit
  • 2 GB (minimal) atau 8 GB (recommended) Adobe Creative Suite 6 64 bit
Minimum 8 GB atau direkomendasi 14 GB. Jadi jangan membeli komputer dengan RAM 4 GB karena akan menjadi lambat, minimum 8 GB.

No comments:

Post a Comment