Editors Picks

Monday, June 14, 2021

Jaring Laba-Laba Menyelamatkan Burung

 


Pernahkah Anda berpikir bahwa jaring laba-laba dapat menyelamatkan seekor burung? Setiap tahun, banyak burung terbunuh ketika mereka terbang menabrak jendela-jendela kaca. Mungkin mereka tidak melihat kaca jendela, atau mereka melihat refleksi pohon-pohon di dekatnya, langit, atau objek yang lain, namun apa pun itu, mereka menabrak jendela dan mati.

Sudah ditemukan bahwa ketika laba-laba menjalin sarangnya, mereka menggunakan sutra yang merefleksikan sinar ultraviolet. Manusia tidak dapat melihat sinar ultraviolet tersebut tetapi banyak burung-burung dan serangga dapat melihatnya. Para ahli biologi menemukan bahwa jaring laba-laba yang merefleksikan sinar ultraviolet mempunyai dua fungsi:

  1. Menarik seranga seperti lampu neon; beberapa jaring bahkan mempunyai bentuk pola seperti bunga.
  2. Memberikan peringatan kepada burung supaya tidak terbang melalui jaring tersebut. Jaring tersebut seperti berkata, "Saya tidak mau membangun kembali jaring-jaring ini, tolong menghindar."

Sebuah perusahaan, Arnold Glass, melapisi kaca-kaca yang mereka produksi dengan menambahkan strip ultraviolet. Lapisan strip ini tidak dapat dilihat oleh manusia tetapi burung-burung dapat melihatnya. Burung-burung akan berusaha menghindari kaca-kaca yang memiliki lapisan sinar ultraviolet.

Alam dipenuhi dengan desain-desain; tetapi tentu saja, Tuhanlah yang menaruh itu semua ketika Ia menciptakan dunia! Kemahakuasaannya terlihat melalui apa yang Ia ciptakan. Siapa yang dapat mengira bahwa jaring laba-laba dapat memproteksi burung-burung!

Diambil dari renungan tanggal 10 Juni dari buku berjudul "Have You Considered? Evidence Beyond a Reasonable Doubt" karangan Julie Von Vett & Bruce A. Malone.

No comments:

Post a Comment