Editors Picks

Friday, December 21, 2018

Memilih Konfigurasi Komputer, Bagian 3

Memilih Media Penyimpanan
Laptop, tablet, dan komputer desktop memiliki berbagai variasi media penyimpanan. Makin besar kapasitas media penyimpanan berarti makin banyak data dan informasi yang dapat disimpan. Untuk menentukan besarnya media penyimpanan maka dibutuhkan perencanaan. Jika yang Anda simpan hanya catatan khotbah dan artikel maka Anda tidak membutuhkan media penyimpanan yang besar. Media penyimpanan tambahan seperti flash drive cocok untuk Anda. Tetapi jika Anda ingin menyimpan data foto, audio, dan video maka Anda membutuhkan media penyimpanan yang lebih besar.
Ada 2 media penyimpanan yang Anda butuhkan yaitu hard disk atau Solid State Drive (SSD).
Solid State Drive versus Hard Disk
Hard disk mengggunakan partikel magnetik untuk menyimpan data, instruksi, dan informasi. SSD menggunakan flash memory dan memiliki processor sendiri untuk mengatur penyimpanannya. Hard disk lebih murah dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. SSD lebih mahal tetapi lebih cepat dan lebih tahan guncangan.
Pada umumnya bagi pengguna sistem operasi Windows 10 dan Mac OS memiliki hard disk atau SSD berukuran 128 GB sudah cukup untuk menyimpan software-software yang dibutuhkan plus data. Jika Anda membutuhkan media penyimpanan yang lebih besar maka Anda dapat menggunakan hard disk atau SSD eksternal. Bagi pengguna Chromebook minimal dibutuhkan media penyimpanan sebesar 16 GB.

No comments:

Post a Comment